Maulid Nabi Muhammad Shallallahu’ alaihi wasallam di Masjid Agung Banjar

Rabu, 28 November 2018 berlangsung Acara Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Shallallahu’ alaihi wasallam, di Masjid Agung Kota Banjar. Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, tokoh Kota Banjar, H, Herman Sutrisno, Kapolres Banjar, AKBP Matrius, personel Batalyon Raider 323/BP, dan para FKPD Kota Banjar, Kepala OPD dan para pegawai lingkup Pemkot Banjar, serta kaum muslimin dan muslimat.
Kapolres Banjar mengatakan bahwa tujuan pengajian tabligh akbar ini selain memperingati Maulid Nabi Muhammad, tentunya dalam rangka menciptakan Pemilu di tahun 2019 yang aman dan damai serta sejuk, khususnya di Kota Banjar umumnya di Indonesia. “Ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad, selain itu juga untuk menciptakan kondusifitas menjelang pemilu 2019 nanti,” ujarnya.

Acara Tabligh Akbar dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan sambutan-sambutan, kemudian pembagian santunan secara simbolis dari Baznas Kota Banjar kepada Kaum Dhuafa dan para tukang becak, serta penghargaan dari Baznas Provinsi Jawa Barat.
“Paket sembako yang diberikan hari ini sekitar 139 juta, masing – masing 1 paket sembako sekitar 200 ribu, paket sembako tersebut diberikan kepada para kaum Dhuafa, tukang becak dan tukang ojeg diserahkan secara simbolis,“ tutur Wali Kota. Beliau juga menjelaskan, bahwa ini adalah salah satu bukti, memang zakat harus kita kumpulkan satu pintu di Baznas, zakat dari PNS sudah sekitar 90 persen, kita sudah mendapatkan 8,9 milyar, “sudah sekitar ribuan tersebar di Kota Banjar, ” ujarnya.

Pada acara tersebut juga diberikan penghargaan dari Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat, KHJ, Arif Ramdani, LC, MH, kepada Muzaki terbaik di Kota Banjar yakni, H. Herman Sutrisno, Amir Husein dan Letda. Miswan, sementara untuk pejabat pemerintah dengan komitmen untuk zakat terbaik diberikan kepada Wali kota Banjar, H. Kaswad, dan H. Mubari, serta UP2 zakat terbaik diberikan kepada Setda, Disdik dan Dinkes. Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa dengan momentum Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam ini, kita patut meneladani ahlak beliau, dan mengikuti sifat beliau diantaranya shidiq, fatonah dan amanah, tidak hanya bagi pemimpin tetapi juga masyarakat, khususnya Kota Banjar, ucapnya.
Tabligh Akbar kali ini menghadirkan penceramah KH. Ahmad Ghomidi dari Bandung. Dalam ceramahnya, KH Ahmad Ghomidi menyampaikan bahwa pentingnya persatuan rasa keadilan dan kedamaian perlu diciptakan dari yang terkecil yaitu keluarga, yang nantinya bisa terwujud rasa damai serta persatuan di negara Indonesia.

Sumber: banjarkota.go.id

Related Articles

0 Comment